Rabu, 12 Oktober 2016

Alat Musik Kalimantan Selatan

Alat Musik Kalimantan Selatan

Kuriding (Guriding) 
 

  • Pengertian
Kuriding (atau ada juga yang menyebutnya Guriding) adalah alat musik tradisional asli buatan nenek moyang urang Banjar. Kuriding bisa terbuat dari pelepah enau, bambu ataupun kayu dengan bentuk kecil, dan memiliki alat getar (tali) serta tali penarik. Dimainkan dengan cara ditempelkan di bibir sambil menarik gagang tali getar yang akan menghasilkan bunyi. Dengan ritme tertentu, bunyi yang dihasilkan akan terdengar sangat indah dan merdu.
  • Sejarah
Mitos asal-usul kuriding menarik untuk disimak. Syahdan, Kuriding adalah milik seekor macan di hutan Kalimantan Selatan. Suatu ketika, sang macan meminta anaknya untuk memainkan guriding. Namun, sang anak justru mati karena tenggorokannya tertusuk guriding. Akibatnya sang macan mewanti-wanti agar anak keturunannya tidak lagi memainkan guriding. 

  • Maksud Diolahnya
Dalam perkembangannya, mitos tersebut menjadi dasar cerita rakyat yang beredar pada masyarakat Banjar, bahwa kuriding dipercaya sebagai alat ampuh untuk mengusir macan. Urang Banjar dahulu juga menggantungkan atau meletakkan Kuriding di atas tempat tidur anak-anak mereka, sebagai simbol penolak bala.

Dalam kehidupan sosial dan budaya urang Banjar, kuriding memiliki fungsi guna yang beragam. Yaitu sebagai alat untuk pelipur lara di kala sepi dan melepas lelah usai bekerja di kebun atau di hutan, sebagai alat untuk mengingatkan mereka akan leluhur dan sebagai media yang disakralkan.
Fungsi-fungsi tersebut masih dipercaya oleh sebagian masyarakat Banjar hingga kini. Akan tetapi, sudah sangat jarang ada yang memainkan atau menyimpannya, kecuali mereka yang masih peduli dengan budaya tradisi. 

Keberadaan Kuriding saat ini sangat memprihatinkan, bahkan hampir punah. Kuriding kini hanya dimainkan oleh generasi tua yang tinggal di kawasan pedesaan. Generasi muda Banjar, sudah enggan memainkan Kuriding. Karena selain di anggap sudah ketinggalan zaman, para generasi muda di Banua lebih senang memainkan alat musik modern. 
  • Tempat Asal
Kuriding atau Guriding merupakan peninggalan leluhur yang telah turut menyumbang kekayaan budaya di Kalimantan Selatan ini mestinya terus dipelihara. Mengingat keberadaannya yang memprihatinkan dan ini merupakan satu pekerjaan rumah tersendiri bagi pemerintah daerah serta para pemerhati budaya untuk menyelamatkan Kuriding/Guriding dari kepunahan.
Alat musik Kuriding termasuk dalam kategori alat musik "Jew's Harp" yang diduga merupakan alat musik paling tua yang ada di dunia. Sebarannya bukan hanya di Asia, namun juga terdapat di Benua Eropa, dengan nama yang berbeda-beda dan bahan beragam. Dari sisi produksi suara, tak jauh berbeda, hanya cara memainkannya saja yang sedikit berlainan.  Ada yang di trim (di getarkan dengan di sentir), di tap ( dipukul) dan ada pula yang di tarik dengan menggunakan benang seperti Kuriding.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Surat Pernyataan Bebas Narkoba Untuk Cpns 2018

SURAT PERNYATAAN BEBAS NARKOBA Dengan hormat, Yang bertanda tangan di bawah ini: Nama                                        :  ...